Tokek bisa berlari di atas Air

Tokek bisa berlari di atas Air

Banyak serangga dapat meluncur, melangkah atau berputar-putar di permukaan air. Tetapi hewan yang lebih besar biasanya harus berenang.

Ada beberapa pengecualian. Kadal Basilisk yang terkenal misalnya, dia menggerakkan kaki belakangnya dengan sangat cepat sehingga sepertinya tidak ada lagi kemungkinan untuk tenggelam.

Beberapa spesies burung, seperti western grebes, burung eiders dan burung mallards berlari di sepanjang air sebagai awalan untuk lepas landas sebelum terbang.

selain itu semua, peneliti menemukan bahwa tokek asia di singapura yang nampaknya bisa berlari melintasi permukaan air.

mereka tidak sepenuhnya tegak, seperti kadal basilisk, tetapi mereka tidak berenang. Sebagian besar tubuh mereka berada diatas garis air, dan mereka bergerak dengan sangat cepat.

menurut Jasmine A Nirody, kecepatan lari mereka di atas air hampir tidak bisa dibedakan dari kecepatan lari mereka di tanah.

Dr. Nirody,orang yang akan memulai penelitian di Universitas Rockefeller pada tahun ini, dan Judy Jinn, adalah mahasiswa pascasarjana laboratorium Robert J Full di Universitas California, Berkeley. Mereka memutuskan untuk menjadikan tokek yang bisa berenang sebagai subject penelitian mereka.
Mereka membangun sebuah tangki, menggunakan beberapa tokek rumah, dan menggunakan video untuk mendokumentasikan tokek yang dapat berjalan di atas air di dalam sebuah lingkungan yang terkontrol sehingga dapat dianalisis secara matematis.

Seperti yang mereka laporkan ke dalam jurnal current biology, Tokek menggunakan baik gerakan lari maupun renang.

kulit mereka sangat licin atau hydrophobic, hal itu membantu tubuh mereka terhidrasi saat kaki dan ekor mendorongnya meluncur di atas permukaan air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *