Perubahan Iklim Adalah persoalan yang kompleks

Perubahan Iklim Adalah persoalan yang kompleks

1. Perubahan iklim atau Pemanasan global? Kita harus menyebutnya dengan istilah apa?

Keduanya istilah tersebut benar, tetapi artinya berbeda.

kita dapat menganggap pemanasan global sebagai salah satu jenis perubahan iklim. Istilah yang lebih luas mencakup perubahan di luar suhu yang lebih hangat, seperti pergeseran pola curah hujan.

Presiden Trump telah mengklaim bahwa para ilmuwan berhenti mengacu pada istilah pemanasan global dan mulai menyebutnya perubahan iklim dengan “cuaca sangat dingin” di musim dingin. akan tetapi sebenarnya klaim itu salah. Para ilmuwan telah menggunakan kedua istilah itu selama beberapa dekade.

2. Seberapa banyak Bumi memanas?
Pada awal 2017, Bumi telah memanas sekitar 2 derajat Fahrenheit (lebih dari 1 derajat Celcius) sejak 1880, ketika catatan dimulai pada skala global. Jumlahnya mungkinp terdengar rendah, tetapi sebagai rata-rata di atas permukaan seluruh planet,hal itu sebenarnya cukup tinggi, yang menjadi penyebab mengapa banyak es di dunia mulai mencair dan lautan naik dengan kecepatan yang semakin cepat. Jika emisi gas rumah kaca terus tidak terkendali, para ilmuwan mengatakan, pemanasan global pada akhirnya bisa melebihi 8 derajat Fahrenheit, yang akan merusak kapasitas planet untuk mendukung populasi manusia yang besar.

3. Apakah efek rumah kaca? dan bagaimana hal itu bisa menyebabkan pemanasan global?

Pada abad ke-19, para ilmuwan menemukan bahwa gas-gas tertentu yang terdapat di dalam udara terperangkap dan memperlambat panas yang dilepaskan ke angkasa. Karbon dioksida adalah penyebab utamanya; tanpa karbon dioksida di udara, Bumi akan menjadi gurun beku. Prediksi pertama bahwa planet ini akan menghangat ketika manusia melepaskan lebih banyak gas dibuat pada tahun 1896. Sejauh ini, gas telah meningkat 43 persen di atas tingkat pra-industri, dan Bumi telah menghangat dengan jumlah yang telah diperkirakan oleh para ilmuwan.

4. Bagaimana kita tahu bahwa manusia bertanggung jawab untuk peningkatan karbon dioksida?

Bukti nyata, termasuk studi yang menggunakan radioaktivitas untuk membedakan emisi industri dari emisi alami, menunjukkan bahwa gas tambahan berasal dari aktivitas manusia. Tingkat karbon dioksida naik dan turun secara alami di masa lalu, tetapi perubahan itu membutuhkan ribuan tahun. Ahli geologi mengatakan bahwa manusia sekarang memompa gas ke udara lebih cepat daripada dulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *